Alumni
Diposting tanggal: 01 Maret 2017

 IKATAN ALUMNI PRODI KEBIDANAN JEMBER

 

BAB I

PENDAHULUAN

 

Latar Belakang

Secara resmi Ikatan Alumni Prodi Kebidanan Jember terbentuk pada tahun 2012 dengan nama IKAMOJ. Penguatan secara kelembagaan  pengurus IKAMOJ setiap periode ditetapkan dengan SK Direktur. Selain itu untuk memperlancar komunikasi antar anggota IKAMOJ telah dibentuk jejaring sosial melalui Facebook, Whatsapp grup dan instagram. Ketua IKAMOJ sejak pertama berdiri hingga saat ini adalah Dian Aby Restanty (PNS) dan akan mengalami pergantian periode pada tahun 2018.

 

Kegiatan Ikatan Alumni MOJ untuk mendukung pengembangan akademik program studi dalam bentuk bantuan dana berupa buku, bantuan fasilitas, partisipasi dalam bentuk kegiatan akademik, pengembangan jaringan, penyediaan fasilitas dalam kegiatan akademik.

 

1.    Partisipasi alumni dalam sumbangan dana bagi pengembangan bidang akademik berupa bantuan dana untuk pengadaaan buku perpustakaan.

2.    Alumni juga memberikan bantuan fasilitas ketika mahasiswa melakukan praktek klinik atau magang atau pembuatan laporan tugas akhir/LTA di tempat alumni bekerja dan atau Bidan Praktek Mandiri.

3.    Alumni melibatkan JPC dan jejaring Facebook dalam seminar karier

4.    Melaksanakan tracer study

 

Tujuan dilaksanakannya IKAMOJ antara lain :

1.    Menggalang silaturahmi antar alumni

2.    Mendukung lembaga dalam mencapai Tri Dharma Perguruan Tinggi

3.    Meningkatkan serapan lulusan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB II

PELAKSANAAN

 

1.      Pembuatan Jejaring Sosial

Dalam melaksanakan silaturahmi antar alumni, maka dibuatlah jejaring sosial dalam bentuk Whatsapp grup, facebook, instagram sehingga memudahkan silaturahmi antar alumni sehingga terbentuklah suasana kekeluargaan antar alumni yang pada akhirnya menunjang tujuan yang sudah ditetapkan dalam IKAMOJ terutama menunjang Tri Dharma dan penyerapan lulusan.

2.      Bantuan dana berupa pengadaan buku perpustakaan

Untuk menunjang buku sumber yang ada di perpustakaan Prodi Kebidanan Jember. Adapun buku-buku yang dipilih yang sesuai dalam menunjang pengajaran, yang berimplikasi pada peningkatan Tri Dharma Perguruan Tinggi

3.      Penyerapan Lulusan

Program penyerapan lulusan dilakukan melalui rekruitmen antara kakak dan adik dimana alumni yang mempunyai BPM diharapkan dapat membimbing adik alumninya. Dalam hal ini dilaksanakan dalam bentuk sistem magang dan rata-rata adik alumni menerima fee untuk sekali persalinan atau fee dalam tindakan kebidanan yang diberikan.

4.      Seminar karier

Seminar karier dilakukan dalam rangka menumbuhkan jiwa enterpreneur pada alumni yang baru lulus. Prodi Kebidanan Jember beserta JPC Poltekkes Kemenkes Malang melakukan seminar karier dengan judul ”Keterampilan Berkomunikasi Verbal dan Non Verbal” serta peserta diberi wacana dalam tes psikologi untuk mengikuti seleksi penerimaan pegawai

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB III

SARAN DAN HAMBATAN

 

Seiring dengan tuntutan kualifikasi tenaga kesehatan dalam memenuhi pasar kerja yang kompetitif akan banyaknya jumlah lulusan yang dihasilkan oleh institusi pendidikan kesehatan, maka pembekalan karier oleh narasumber yang memiliki pengalaman perlu dipertahankan.

Tuntutan pasar kerja khususnya di bidang kebidanan memerlukan Surat Tanda Registrasi (STR) dimana STR ini diperoleh oleh alumni setelah lebih dari 6 bulan setelah kelulusan. Ini sangat menyulitkan alumni dalam mencari pasar kerja yang sesuai dengan bidangnya. Diharapkan di tahun-tahun mendatang terdapat kerjasama dengan organisasi profesi untuk mendapatkan STR lebih cepat.